Dampak Negatif Konsumsi Sayuran Secara Berlebihan

Sayuran selalu menjadi rekomendasi utama ketika anda ingin menurunkan berat badan atau mengalami gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, sampai penyakit jantung. Namun perlu diingat, jika konsumsi sayuran pun sesuai dengan porsi yang tepat jangan sampai berlebihan. Karena, jika anda terlalu banyak mengonsumsi sayuran tanpa diimbangi dengan konsumsi protein yang cukup, atau bisa dikatakan sebagai menu makan yang tidak seimbang, maka anda akan berisiko mengalami beberapa gangguan kesehatan berikut ini.

Dampak Negatif Konsumsi Sayuran Secara Berlebihan

Dampak Negatif Konsumsi Sayuran Secara Berlebihan

Kekurangan gizi

Sayuran dikatakan sebagai sumber serat dan karohidrat yang baik, namun mereka tak cukup memiliki Protein maupun lemak. Sehingga, jika sayuran menjadi makanan pokok sehari-hari, tubuh akan kekurangan gizi. Dampaknya, rambut mudah rontok dan menipis, kulit cepat kering, mudah lelah, nyeri sendi maupun otot, mudah cemas, serta pemulihan saat sakit berlangsung lebih lama.

Penyerapan Mineral yang buruk

Meskipun sayuran memiliki jumlah Mineral yang tinggi, namun jika konsumsi secara berlebihan, justru tubuh tak akan bisa melakukan proses penyerapan Mineral dengan baik. Pada akhirnya tubuh akan mengalami ketidakseimbangan nutrisi.

Masalah pencernaan

Menurut salah satu ahli gizi, sayurang memiliki kandungan serat tinggi yang akan menimbulkan ketidaknyamanan pada pencernaan jika dikonsumsi secara berlebihan. Efek yang bisa terjadi berupa gas, kram, maupun perut kembung.

Peningkatan berat badan

Brooke Schantz, seorang ahli diet dari Loyola University, menghimbau untuk tidak mengonsumsi sayuran jenis kacang polong, kentang, maupun jagung secara berlebihan. Karena, sayuran-sayuran tersebut memiliki kandungan kalori tinggi yang juga bisa menaikkan berat badan.

Itulah alasan mengapa kita dihimbau untuk mengonsumsi semua jenis makanan secara seimbang. Karena, walaupun bermanfaat, anda akan terkena dampak negatif jika dikonsumsi secara berlebihan.