Faktor Pemicu Penurunan Kepadatan dan Kekuatan Tulang

Dalam masa pertumbuhan, anak-anak akan terus mengalami penguatan tulang dan sendi, sehingga membuatnya semakin kokoh, terutama saat di usia remaja dan dewasa nanti. Namun setelah menginjak dewasa, kemudian pertambahan usia yang menuju masa tua nanti, kepadatan dan kekuatan tulang biasanya akan mengalami penurunan. Hal ini tampaknya sudah umum diketahui, akan tetapi, ada faktor lain yang bisa menyebabkan penurunan kepadatan dan kekuatan tulang, di antaranya :

faktor penyebab penurunan kepadatan dan kekuatan tulang

Usia dan jenis kelamin

Usia memang menjadi faktor umum yang menyebabkan penurunan kepadatan dan kekuatan tulang, begitu juga dengan jenis kelamin. Beberapa riset mengungkapkan, wanita memiliki risiko lebih tinggi terkena osteoporosis dibandingkan dengan para pria.

Kekurangan kalsium

Susu sering direkomendasikan pada masyarakat untuk menjaga dan menguatkan tulang. Hal memang benar adanya. Karena, susu tersebut memiliki kandungan Kalsium yang cukup. Dan Kalsium inilah yang memiliki peran penting dalam membentuk kepadatan dan kekuatan tulang maupun sendi. Sehingga mereka tidak mudah rapuh walaupun telah dimakan usia.

Genetika

Apabila salah satu anggota keluarga anda pernah mengalami masalah dengan kepadatan tulang sebelumnya, kemungkinan besar anda juga bisa mengalami hal yang sama.

Aktivitas yang kurang

Tubuh yang jarang digerakkan, ternyata tak akan membuatnya bisa menjaga kepadatan tulang, justru sebaliknya. Anda yang tak suka bergerak atau beraktivitas cenderung rentan mengalami penurunan kepadatan tulang.

Merokok dan minuman beralkohol

Beberapa riset juga menunjukan bahwa kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, dapat memengaruhi kepadatan serta kekuatan tulang. Hal ini dikarenakan alkohol bisa mengganggu penyerapan Kalsium.

Obat-obatan tertentu

Ada beberapa obat-obatan tertentu seperti sterois, ternyata bisa menyebabkan masalah pada kepadatan tulang.

Kecelakaan

Jika anda pernah mengalami kecelakaan yang menyebabka masalah pada tulang dan sendi, sebaiknya anda lebih berhati-hati. Karena, masalah tersebut bisa berlanjut dan meningkatkan risiko pengeroposan tulang.

Jadi, selagi anda masih muda dan tingkat kepadatan maupun kekuatan tulang serta sendi masih bagus, anda harus teratur mengonsumsi makanan sehat, minum susu, hindari merokok dan alkohol, serta rajin berolahraga. Bukan hanya kesehatan sendi dan tulang saja, anda bisa mendapatkan manfaat lain dari penerapan pola hidup sehat seperti ini.

~ Faktor Pemicu Penurunan Kepadatan dan Kekuatan Tulang ~