Khasiat dan Manfaat Jengkol untuk Kesehatan Tubuh

Menjadi orang Indonesia, mungkin akan jadi sebuah kebanggaan dan rasa syukur tersendiri untuk anda, terlebih bagi para pecinta kuliner yang kental akan rempah. Karena, Indonesia ini surganya kuliner atau makanan dengan rempah-rempah berkualitas yang tak bisa ditemukan di negara lain. Hal ini juga yang membuat para WNI di luar negeri rindu akan kampung halaman dengan masakan luar biasa.

Salah satu makanan khas Indonesia yang banyak digemari adalah jengkol. Walaupun jengkol mengeluarkan aroma tak sedap setelah memakannya, namun berbagai kalangan masyarakat justru sangat menyukai makanan yang satu ini. Dilengkapi dengan lalapan dan sambal terasi, Indonesia banget deh !

Tahukah anda jika ternyata sahabat petai ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh yang tak banyak diketahui ? jika dan tidak tahu, kami akan menginformasi beberapa khasiat dan manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh yang wajib anda ketahui berikut ini.

Khasiat dan Manfaat Jengkol untuk Kesehatan

khasiat dan manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh

Mencegah anemia

Jengkol juga memiliki kandungan zat besi yang mendukung proses produksi sel darah merah dan mencegah terjadinya anemia.

Memperkuat tulang dan gigi

Kalsium dan Fosfor dalam jengkol dapat membantu anda dalam menguatkan kesehatan tulang dan gigi, serta menghindari terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis).

Membantu pembentukan jaringan tubuh

Jengkol ternyata memiliki kandungan Protein yang lebih tinggi dari kacang kedelai dan kacang hijau. Protein inilah yang dpaat membantu pembentukan jaringan tubuh.

Mengatasi penyempitan pembuluh darah

Kandungan Mineral pada jengkol ternyata bisa membantu melebarkan pembuluh darah yang biasa terjadi pada penderita penyakit jantung.

Menjaga kesehatan jantung

Jengkol memiliki antioksidan yang baik untuk tubuh, terutama jantung. Zat antioksidan ini dapat melancarkan aliran darah dalam pembuluh darah yang bisa mendukung kinerja dan kemampuan jantung anda.

Mencegah diabetes

Jengkol memiliki kandungan zat gula yang mudah diuraikan dengan baik, sehingga mudah diubah menjadi energi oleh tubuh. Hal ini mendukung terhindarnya penyakit diabetes.

Menstabilkan organ tubuh

Asam folat dan Vitamin B6 akan mendukung kinerja dan fungsi organ tubuh secara optimal. Dan salah satu jenis makanan yang mengandung kedua jenis zat tersebut adalah jengkol.

Mengatasi sembelit pada ibu hamil

Kandungan serat yang ada pada jengkol ternyata bisa membantu ibu hamil mengatasi sembelit yang dialami. Seperti yang anda ketahui, jika serat memiliki manfaat yang cukup signifikan untuk melancarkan buang air besar.

Walaupuan bermanfaat, anda harus tetap bijak dalam mengonsumsi jengkol, jangan sampai berlebihan. Karena, jengkol sendiri memiliki kandungan zat yang dapat menimbulkan masalah pada ginjal termasuk batu ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan.