Khasiat dan Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Datangnya bulan Ramadhan menjadi pertanda bahwa seluruh umat Islam diwajibkan untuk berpuasa dengan syarat yang sudah ditentukan. Menjalankan kewajiban ibadah puasa tentu akan memberikan keberkahan tersendiri. Ibadah yang akan terasa benar-benar sempurna dengan berpuasa ini, ternyata menyimpan manfaat lain dari segi medis. Ya, puasa dikatakan dapat membantu memberikan efek positif pada tubuh. Apa saja khasiat dan manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yang dimaksud ?

Khasiat dan Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

khasiat dan manfaat puasa bagi kesehatan

Meningkatkan detoksifikasi

Racun-racun yang selama ini tersimpan dalam tubuh perlu dibersihkan dan keluarkan untuk mendukung fungsi tubuh lebih optimal. Dengan berpuas, proses pengeluaran racun atau detoksifikasi ini bisa berjalan dengan baik, bahkan lebih baik dibanding sebelum berpuasa.

Menjaga kesehatan pencernaan

Selama berpuasa, sistem pencernaan akan mendapatkan waktu untuk merevitalisasi serta meningkatkan fungsinya. Walaupun organ pencernaan akan beristirahat, namun fungsi fisiologinya tetap berjalan, terutama dalam produksi sekresi pencernaan dalam jumlah yang kurang dari biasanya. Peranan seperti ini ternyata bisa memberikan dampak positif bagi beberapa gangguan pencernaan seperti sembelit, maag, atau perut kembung.

Menurunkan kadar gula darah

Selama berpuasa, tubuh akan meningkatkan upaya pemecahan glukosa untuk menciptakan energi. Sehingga bagi anda yang mengalami masalah pada tingkat gula darah dalam tubuh akan dintungkan dengan proses menurunnya kadar gula darah selama berpuasa.

Meningkatkan pembakaran lemak

Saat persediaan glukosa dalam tubh telah habis, maka ketosis atau pemecahan lemak dimulai untuk memperoleh energi yang dibutuhkan. Pembakaran lemak ini juga yang membuat penurunan berat badan selama berpuasa.

Baca juga : Dampak Negatif Kelebihan Asam dalam Tubuh

Menurunkan tekanan darah

Puasa juga dapat bermanfaat bagi anda penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Puasa juga dapat membantu mengurangi risiko aterosklerosis (tersumbatnya pembuluh arteri oleh partikel lemak pemicu darah tinggi). Hal ini bisa terjadi lantara selama berpuasa, simpanan glukosa maupun lemak dalam tubuh benar-benar digunakan maksimal untuk menghasilkan energi. Sehingga risiko penumpukan lemak dalam pembuluh darah, sumbatan pembuluh darah, dan tingginya tekanan darah bisa dihindari.

Mengatasi masalah peradangan

Beberapa riset yang pernah dilakukan menunjukan jika puasa dapat membantu mengatasi peradangan dalam tubuh, seperti radang sendi, rematik atau asam urat, penyakit kulit, juga radang usus.

Menjaga berat badan

Seperti yang dijelaskan, proses pencernaan dan metabolisme tubuh yang berjalan lancar bahkan lebih maksimal, membuat timbunan lemak dalam tubuh dapat berkurang. Sehingga berat badan akan tetap terjaga dengan baik.

Itulah 7 khasiat dan manfaat puasa untuk kesehatan tubuh. Jadi, untuk anda umat islam yang balig dan memenuhi syarat berpuasa, puasa wajib dijalankan. Terkecuali jika anda yang tengah haid, nifas, atau sakit, anda tidak diwajibkan berpuas, namun harus menggantinya di waktu yang lain sesuai ketentuan.